PENGARUH HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA YANG DIBERIKAN TES PILIHAN GANDA ASOSIASI DAN KONVENSIONAL

Penulis

  • Supriyadi Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Supriyadi Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

Tes Pilihan Ganda Asosiasi, Tes Pilihan Ganda Konvensional, Hasil Belajar IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh hasil belajar IPS (Y) pada siswa yang diberikan tes pilihan ganda asosiasi dan tes pilihan ganda konvensional (X). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX di MTs Negeri 7 Model Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrument hasil belajar IPS dalam bentuk tes pilihan ganda asosiasi sebesar 0,701 dan reliabilitas instrument hasil belajar IPS dalam bentuk tes pilihan ganda konvensional sebesar 0,827. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diberikan tes pilihan ganda asosiasi lebih tinggi dari pada yang diberikan tes pilihan ganda konvensional. (2) Terdapat interaksi antara bentuk tes terhadap hasil belajar IPS siswa.

This research aims to reveal the influence of social studies learning outcomes (Y) on students given the association multiple choice test and the conventional multiplechoice test (X). The research method used is the experimental method. The population in this study were class IX students at MTs Negeri 7 Model Jakarta. The sampling technique uses cluster random sampling. The research sample consisted of 60 students. The results of testing the research instrument showed that the reliability of the social studies learning outcomes instrument in the form of an association multiple choice test was 0.701 and the reliability of the social studies learning outcomes instrument in the form of a conventional multiplechoice test was 0.827. The data analysis used was ANOVA. The research results revealed: (1) The social studies learning outcomes of students given the association multiple choice test were higher than those given the conventional multiplechoice test. (2) There is an interaction between the form of the test and students' social studies learning outcomes.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31