MEASURING DIGITAL LITERACY AMONG MSMES IN INDONESIA: STUDY CASE FROM PONTIANAK CITY
Kata Kunci:
Literasi Digital, UMKM, Usaha Non-Formal, Bisnis DigitalAbstrak
Studi ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi digital di kalangan pemilik usaha di Indonesia, khususnya di wilayah yang dinamis di Kota Pontianak. Sampel diambil terutama dari kategori usaha UMKM non-formal karena mereka merupakan bagian terbesar dari kategori kepemilikan usaha di wilayah tersebut. Dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif melalui metodologi grand mean, studi ini menemukan bahwa tingkat literasi digital di kalangan UMKM Kota Pontianak dikategorikan kedalam kelompok menengah atas. Selain itu, temuan ini menyarankan kepada pihak berwenang dan pemangku kepentingan terkait untuk peningkatan program-program, guna meningkatkan tingkat literasi digital di kalangan pemilik UMKM di wilayah tersebut untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang pada akhirnya akan mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.