PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS DENGAN VARIABEL INTERVENING KETERLIBATAN KONSUMEN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS LABUHAN BATU

Penulis

  • Devi Anggraini Universitas Labuhanbatu
  • Zulkarnain Nasution Universitas Labuhanbatu
  • Fauziah Hanum Universitas Labuhanbatu

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian, Konsumen

Abstrak

This study aims to analyze the effect of product quality and promotion on purchasing decisions for Asus brand laptops, with consumer involvement as an intervening variable for students at Labuhanbatu University. The type of research used in this study is quantitative research. Quantitative research that emphasizes on testing theories through measuring research variables with numbers and analyzing data with statistical procedures. Statistical data calculations using Smarth PLS Version 3. With the results of the study, product quality and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions for Asus brand laptops for students at Labuhan Batu University through consumer involvement as an intervening variable. The results of the F-Square The influence of variable X1 (Product Quality) on Y (Purchase Decision) has an F-Square value of 0.078, meaning that there is a moderate (heavy) effect of variable X1 on Y, variable X1 (Product Quality) on Z (Consumer Involvement) has an F-Square value of 0.068, meaning that there is a moderate (heavy) effect of variable X1 on Z, variable X2 (Promotion) on Y (Purchase Decision) has an F-Square value of 0.182, meaning that there is a moderate (heavy) effect of variable X2 on Y, variable X2 (Promotion) on Z (Consumer Involvement) has an F-Square value of 0.388, meaning that there is a large (strong) effect of variable X2 on Z, variable Y (Purchase Decision) on Z (Consumer Involvement) has an F-Square value of 0.536, meaning that there is a moderate (heavy) effect of variable Y on Z.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus, dengan keterlibatan konsumen sebagai variabel intervening pada mahasiswa Universitas Labuhanbatu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistic. Perhitungan data statistik menggunakan Smarth PLS Versi 3. Dengan hasil penelitian kualitas produk dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop merek asus pada mahasiswa Universitas Labuhanbatu melalui keterlibatan konsumen sebagai variabel intervening. Hasil dari F-Square Pengaruh variabel X1 (Kualitas Produk) terhadap Y (Keputusan Pembelian) memiliki nilai F-Square sebesar 0.078 artinya terdapat efek yang sedang (berat) dari variabel X1 terhadap Y, variabel X1 (Kualitas Produk) terhadap Z (Keterlibatan Konsumen) memiliki nilai F-Square sebesar 0.068 artinya terdapat efek yang sedang (berat) dari variabel X1 terhadap Z, variabel X2 (Promosi) terhadap Y (Keputusan Pembelian) memiliki nilai F-Square sebesar 0,182 artinya terdapat efek yang sedang (berat) dari variabel X2 terhadap Y, variabel X2 (Promosi) terhadap Z (Keterlibatan Konsumen) memiliki nilai F-Square sebesar 0,388 artinya terdapat efek yang besar (kuat) dari variabel X2 terhadap Z, variabel Y (Keputusan Pembelian) terhadap Z (Keterlibatan Konsumen) memiliki nilai F-Square sebesar 0.536 artinya terdapat efek yang sedang (berat) dari variabel Y terhadap Z.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28