PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KONSUMTIF TEHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN GENERASI Z
Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Pengelolaan Keuangan, Generasi ZAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuagan dan perilaku konsumtif terhadap pengelolaan keuangan generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui pengumpulan data primer yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu dengan menetapkan kriteria khusus, setiap responden harus Generasi Z dengan rentang usia 20-28 tahun, sudah berpenghasilan dan berdomisili di Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi liniear berganda dengan menggunakan SPSS versi 31. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu literasi keuangan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu pengelolaan keuangan generasi z, sedangkan variabel independen perilaku konsumtif berpengaruh negatif terhadap variabel dependen.
The study aims to identify the impact of the literacy and consumer behavior on the financial management of the z-generation. it employs a quantitative approach through primary data collection done with the distribution of a questionnaire to 100 respondents. Sampling is used by specifying sampling techniques, by specifying criteria, each responder must be a z generation in the age of 20-28, earning and living in jabodetachment. The data analysis technique used in this study is multiple liniear regression with SPSS version 31. The study suggests that independent variabels of both partial and simultaneously positive and significant impact on the dependent variabels that are the financial management of the z generation, while independent, consensual behaviors have a negative influence on the dependent variabels.