PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MELALUI GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Penulis

  • Erny Amriani Asmin Universitas Djuanda
  • Chandra Ayu Pramestidewi Universitas Djuanda
  • Allyssa Alfisyahrin Universitas Djuanda

Kata Kunci:

Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Pengelolaan Keuangan Pribadi, Gaya Hidup

Abstrak

Era globalisasi telah membawa perubahan yang signifikan terhadap perilaku keuangan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan Generasi Z, yang tumbuh dalam lingkungan sosial dan teknologi yang dinamis. Meningkatnya gaya hidup konsumen dan kurangnya pemahaman tentang pengelolaan keuangan dalam menciptakan kondisi keuangan yang sehat dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi, dengan gaya hidup sebagai variabel intervening, terutama di kalangan Generasi Z di Kota Bogor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa banyak Generasi Z belum mandiri secara finansial dan tidak memahami pentingnya pengelolaan keuangan pribadi, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil pra-survei. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukkan bahwa literasi keuangan dan sikap keuangan memiliki peran penting dalam membentuk perilaku pengelolaan keuangan pribadi yang lebih bijaksana, melalui gaya hidup sebagai perantara. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan dan sikap keuangan memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap gaya hidup dan pengelolaan keuangan pribadi. Selain itu, gaya hidup juga terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Pengujian dengan uji Sobel menunjukkan bahwa gaya hidup memediasi pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Temuan ini diperoleh melalui wawancara mendalam, yang menunjukkan bahwa Generasi Z mulai menyadari pentingnya perencanaan keuangan, nilai-nilai emosional dalam pekerjaan, serta kesadaran sosial dan pengembangan diri.

The era of globalization has brought significant changes to the financial behavior of Indonesians, especially among Generation Z, who grew up in a dynamic social and technological environment. The increase in consumer lifestyles and the lack of understanding of financial management in creating a healthy and sustainable financial condition. This study aims to analyze the influence of financial literacy and financial attitudes on personal financial management, with lifestyle as an intervening variable, especially among Generation Z in Bogor City. This study is motivated by the fact that many Generation Z are not yet financially independent and do not understand the importance of personal financial management, as indicated by the results of the pre-survey. The method used is quantitative with a survey approach. The results of the study are expected to demonstrate that financial literacy and financial attitudes have an important role in shaping wiser personal financial management behavior, through lifestyle as an intermediary. The results of the analysis show that financial literacy and financial attitudes have a direct positive and significant effect on lifestyle and personal financial management. In addition, lifestyle has also been shown to have a positive and significant effect on personal financial management. Testing with the Sobel test shows that lifestyle mediates the influence of financial literacy and financial attitudes on personal financial management. This finding was obtained through in-depth interviews, which showed that Generation Z is starting to realize the importance of financial planning, emotional values in work, as well as social awareness and self-development.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30