MOTIVASI KERJA OPERATOR SEKOLAH DI MTsP ASASUL HUDA MAJALENGKA

Penulis

  • Deden Miftah Mubarok IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Susmiyati IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Risti Utami Dewi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Rinda Arinda Sudiana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Alfa Hasanah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Fauziyah Proktama Resi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Masyrifah Ainal Haq IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Raie Fany Hermansyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Tamsikudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Kata Kunci:

Operator Sekolah, motivasi kerja, kinerja

Abstrak

Operator Sekolah adalah orang yang bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin, telepon, radio, dan sebagainya. Adapun tugas operator sekolah adalah mengolah data siswa untuk dientri kedalam aplikasi, mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan, dan mengirim data ke server melalui aplikasi dapodik (Kemdikbud, 2015:4). Oleh sebab itu, operator sekolah harus memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya, agar pelaporan dapodik dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan data real yang ada. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya peranan motivasi kerja operator sekolah, kompetensi operator sekolah, dan kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja operator sekolah dasar di MTsP Asasul Huda Majalengka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah operator sekolah. Data diperoleh dengan cara observasi langsung di lokasi dengan wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara keseluruhan, realisasi kinerja operator sekolah MTsP Asasul Huda dapat berjalan baik. (2) Permasalahan yang dihadapi oleh operator sekolah antara lain sumber daya manusia yang masih rendah, beban kerja yang berlebih,kendala teknis, terutama koneksi internet yang tidak selalu stabil, serta perubahan dalam kebijakan pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31