THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND BRAND IMAGE ON BUYING INTEREST IN MAXXIS BRAND TIRE PRODUCT IN YOGYAKARTA

Penulis

  • Hamka Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Sri Handayani Universitas Teknologi Yogyakarta

Kata Kunci:

social media marketing, citra merek, minat beli, maxxis

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh social media marketing dan citra merek terhadap minat beli pada produk ban merek maxxis di Yogyakarta. Maxxis merupakan produk ban dari PT Maxxis International Indonesia yang banyak di pasarkan di toko suku cadang otomotif di seluruh Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan dua variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen yaitu social media marketing (X1) dan citra merek (X2) sedangkan variabel dependen yaitu minat beli (Y). Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang dari pelanggan yang berkunjung ke toko dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian secara parsial diperoleh ada pengaruh positif yang signifikan social media marketing terhadap minat beli yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,015 kurang dari 0,05 begitu pula citra merek terhadap minat beli ditemukan ada pengaruh positif yang signifikan yaitu nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05. Sementara hasil uji simultan, social media marketing dan citra merek secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli yang dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05 selain itu dapat dilihat dari F hitung 19, 434 lebih besar dari F tabel 3,19. Implikasi dari penelitian ini bahwa social media marketing dan citra merek mampu memberikan pengaruh terhadap minat beli sebesar 45,3%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30