ANALISIS LAYANAN KESEHATAN IGD RSUD KOTA TANJUNGPINANG MENGGUNAKAN LEAN SIX SIGMA
Kata Kunci:
Pelayanan Kesehatan, Waktu Tunggu Pasien, Lean ManagementAbstrak
Pelayanan publik di bidang kesehatan, seperti di IGD RSUD Kota Tanjungpinang, menghadapi tantangan akibat meningkatnya jumlah kunjungan pasien yang dipengaruhi kebijakan JKN, keterbatasan tenaga, serta fasilitas yang tidak memadai, sehingga menyebabkan lamanya waktu tunggu pasien untuk dipindahkan ke ruang rawat inap. Kondisi ini berdampak negatif pada pasien dan sering menimbulkan keluhan masyarakat. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan solusi seperti penerapan metode lean management yang bertujuan meningkatkan efisiensi dengan mengurangi aktivitas yang tidak bernilai tambah, serta penyesuaian standar pelayanan rumah sakit agar lebih tinggi dari standar nasional. Dengan inovasi ini, diharapkan pelayanan menjadi lebih cepat, berkualitas, dan mampu memenuhi tuntutan masyarakat.