CUSTOMER-CENTRIC STRATEGY DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI
(STUDI PADA JASA KONSTRUKSI CV. ADICITRA KARYA)
Kata Kunci:
Customer Centric, Jasa, Konstruksi, PemasaranAbstrak
Sifat kompetitif industri konstruksi disebabkan oleh relatif mudahnya masuk ke industri dibandingkan dengan industri lain, bahkan untuk individu atau perusahaan dengan investasi modal kecil. Karena perusahaan konstruksi tidak dapat mendorong atau menciptakan permintaan untuk pekerjaan dan / atau layanan mereka, mereka harus berpartisipasi dalam proses penawaran yang kompetitif untuk mengamankan proyek konstruksi baru. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan customer centric strategy dalam menghadapi persaingan perusahaan jasa konstruksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah Orientasi pelanggan dapat dianggap sebagai rutinitas pencarian yang menggabungkan harapan dan preferensi pelanggan dalam pengembangan produk baru dan modifikasi produk (penawaran) (yaitu inovasi). Hal ini juga mempromosikan interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan, meningkatkan peningkatan bertahap yang menggerakkan jasa konstruksi menuju tingkat kualitas, fitur, dan biaya yang optimal Sebelum mulai mengembangkan ide layanan pada perusahaan konstruksi lebih lanjut, yang berarti bahwa pengeluaran sumber daya diperlukan, perusahaan harus mengevaluasi ide dari sudut pandang yang berbeda untuk menemukan solusi terbaik untuk diri mereka sendiri. Dalam tahap pengembangan harus mempertimbangkan kembali apakah pengembangan masih cocok untuk CV Adicitra Karya.Untuk mengevaluasi ide-ide mengenai pengembangan yang dilakukan kemungkinan mereka menghasilkan keuntungan penting bagi jasa konstruksi, karena tidak semua ide produk dapat direalisasikan sekaligus.
The competitive nature of the construction industry is due to the relative ease of entry into the industry compared to other industries, even for individuals or companies with small capital investments. Because construction companies cannot drive or create demand for their work and/or services, they must participate in a competitive bidding process to secure new construction projects. The aim of the research is to explain customer centric strategies in facing competition from construction service companies. The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection techniques through interviews, documentation and observation. The result of this research is that Customer orientation can be considered as a search routine that incorporates customer expectations and preferences in the development of new products and product (offering) modifications (i.e. innovation). It also promotes closer interaction with customers, enhancing incremental improvements that move construction services toward optimal levels of quality, features, and costs. Before starting to develop a service idea in a construction company further, which means that the expenditure of resources is necessary, the company must evaluate ideas from different points of view to find the best solution for themselves. In the development stage, you must reconsider whether the development is still suitable for CV Adicitra Karya. To evaluate ideas regarding the development carried out, the possibility of them generating important profits for construction services, because not all product ideas can be realized at once.