MEMBANGUN BUDAYA SEKOLAH YANG POSITIF: FAKTOR-FAKTOR PENENTU DAN HASILNYA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN TINJAUAN SISTEMATIS LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Wawan Sunarwan Universitas Kuningan
  • Imron Rosadi Universitas Kuningan

Kata Kunci:

Budaya Sekolah, Kinerja Guru, Tinjauan Sistematis, Literatur Review

Abstrak

Budaya sekolah yang positif memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan. Budaya sekolah memiliki peran penting dalam memengaruhi kinerja guru. Budaya sekolah yang positif dapat memotivasi guru untuk bekerja lebih baik dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa. Budaya sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Budaya sekolah yang positif dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya, sedangkan budaya sekolah yang negatif dapat menghambat kinerja guru. Sebaliknya, budaya sekolah yang negatif dapat membuat guru merasa stres dan tidak termotivasi, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kinerja mereka. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor penentu dan hasil membangun budaya sekolah yang positif terhadap kinerja guru melalui tinjauan sistematis literatur review. Kajian literature ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa artikel jurnal dari googlescholar untuk dikaji dan dianalisis, hasil menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor budaya yang mempengaruhi kinerja guru. Dengan menciptakan budaya sekolah yang positif dan suportif, sekolah dapat membantu guru untuk mencapai potensi penuh mereka dan memberikan pendidikan berkualitas tinggi bagi siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28