STRATEGI PENETAPAN HARGA ATK DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI TOKO CV ARIKA INDAH KECAATAN WANGI-WANGI MENURUT EKONOMI SYARIAH
Kata Kunci:
Strategi Harga, ATK, Omset Penjualan, Ekonomi SyariahAbstrak
Tujuan pnelitian: (1) untuk mengetahui bagaimana strategi penetapan harga ATK di Toko Cv Ariqa Indah Kabupaten Wakatobi (2) untuuk mengetahui Bagaimana Omset Penjualan di Toko Cv Ariqa Indah (3) unutk mengetahui Bagaimana starategi penetapan harga ATK dalam meningkatkan omset penjualan di Toko Cv Ariqa Indah Kabupaten Wakatobi Menurut Ekonomi Syariah. Jenis penelitian inii adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Adapunlokasi penelitian ini dilaksanakan di Toko Cv Ariqa Indah, terletak di……………..lingkungan topa, kelurahan wanci, kecamatan wangi-wangi kabupaten wakatobi. jenis data dalam penelitian ini terdiri atas dua yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) toko Cv Ariqa Indah menerapkan strategi penetapan harga berbasis kompetitor dan biaya produksi, disertai dengan penawaran harga yang fleksibel untuk pelanggan tetap. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan dan loyalitas pelanggan. (1) Dari perspektif ekonomi syariah, strategi penetapan harga di toko ini sudah sejalan dengan prinsip keadilan dan tidak mengandung unsur penipuan (gharar) maupun kecurangan (tadlis), serta memperhatikan nilai kemaslahatan. (3) Dengan demikian, strategi penetapan harga yang diterapkan tidak hanya berkontribusi terhadap peningkatan omzet, tetapi juga mencerminkan etika bisnis Islam yang berorientasi pada keadilan dan keberkahan.