PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBAYARAN MOBILE QRIS DIKALANGAN UMKM KOTA BATAM
Kata Kunci:
Trust, E-WOM, Service Quality, Customer Experience, Re-Use BehaviorAbstrak
Fokus dari penelitian ini untuk mencari tahu apakah yang mampu mempengaruhi re-use behaviour dalam penggunaan metode pembayaran Qris. Biasanya menggunakan teknik pengambilan sampel acak, strategi penelitian kuantitatif terdiri dari penyebaran kuesioner dan analisis populasi atau sampel tertentu menggunakan data kuantitatif. Demografi dalam penelitian ini terdiri dari pengguna QRIS dikalangan UMKM kota Batam. Sampel merupakan target penelitian karena tidak semua orang dapat diteliti. Total sampel yang diteliti adalah 356 sampel. Temuan penelitian menginterpretasikan bahwa seluruh hipotesis yang diajukan dalam studi ini diterima. Trust, E-WOM, dan Service Quality terbukti memberi dampak positif dan signifikan terhadap Customer Experience. Selanjutnya, Customer Experience juga memberi dampak positif dan signifikan terhadap Re-use Behaviour. Selain itu, Customer Experience berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara Trust, E-WOM, serta Service Quality terhadap Re-use Behaviour. Temuan ini menegaskan pentingnya pengalaman pelanggan sebagai faktor kunci dalam mendorong perilaku penggunaan ulang layanan.
The focus of this study is to find out what can influence re-use behavior in the use of the Qris payment method. Usually using random sampling techniques, quantitative research strategies consist of distributing questionnaires and analyzing certain populations or samples using quantitative data. The demographics in this study consist of QRIS users among MSMEs in Batam City. The sample is the target of the study because not everyone can be studied. The total sample studied was 356 samples. The research findings interpret that all hypotheses proposed in this study are accepted. Trust, E-WOM, and Service Quality have been shown to have a positive and significant impact on Customer Experience. Furthermore, Customer Experience also has a positive and significant impact on Re-use Behavior. In addition, Customer Experience acts as a significant mediator in the relationship between Trust, E-WOM, and Service Quality on Re-use Behavior. These findings emphasize the importance of customer experience as a key factor in driving service reuse behavior.




