ANALISIS FAKTOR FAKTOR MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PADA TOP UP GAME ONLINE

Penulis

  • Yandi Suprapto Universitas Internasional Batam
  • Naufal Yusuf Widianto Universitas Internasional Batam

Kata Kunci:

Online Game Top-Up, Purchase Intention Factors, UTAUT2 Model Analysis

Abstrak

Berdasarkan hasil penelusuran, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian pada top-up game online, antara lain pengalaman, kualitas fungsional, kepuasan, dapat dipercaya, kegunaan harga, nilai sosial, nilai emosional, dan kemajuan. Sebuah penelitian terhadap pemain Mobile Legends menemukan bahwa visual grafis, kontrol karakter, dan kenikmatan bermain game dapat mempengaruhi minat beli. Studi lain pada pengguna Shopee Games menemukan bahwa gamifikasi dan kenikmatan dapat mempengaruhi niat pembelian online. Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) digunakan untuk menguji faktor-faktor penentu perilaku pembelian dalam game seluler online, termasuk ekspektasi kinerja, kemampuan pembayaran, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan, penyesuaian, dan kemajuan. analisis faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention pada top up game online. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi purchase intention pada top up game online adalah kualitas game, harga, promosi, dan kepercayaan konsumen terhadap game tersebut. Selain itu, faktor sosial seperti pengaruh teman atau keluarga juga dapat mempengaruhi purchase intention. Untuk melakukan analisis lebih lanjut, dapat dilakukan survei kepada konsumen yang telah melakukan top up game online dan menganalisis data yang diperoleh.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31