Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen

Penulis

  • Benedhita Devina
  • Asep Rokhyadi

Kata Kunci:

Promosi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, keputusan menggunakan jasa leasing

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di ACC (Astra Credit Company) cabang Balikpapan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 point, untuk mengukur 35 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, promosi  dan kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing ACC cabang Balikpapan, promosi dan kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa leasing ACC cabang Balikpapan yang dimediasi oleh kepuasan konsumen.

The purpose of this study was to determine the effect of promotion and service quality on the decision to use leasing services that are mediated by customer satisfaction. This research was conducted at ACC (Astra Credit Companies) branch Balikpapan. The sample was taken from 100 respondents with a purposive sampling method. Questionnaire data was collected with a 5-point likert scale to measure 35 indicators. Analysis technique using path analysis. The results of this study indicate that promotion and service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, direct promotion and service quality has a positive and significant effect on the decision to use leasing services from ACC branch Balikpapan, promotion and service quality indirectly affects the decision to use leasing services ACC branch Balikpapan which is mediated by consumer satisfaction.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31