ANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA KLINIK X DI KABUPATEN BANGKALAN
Kata Kunci:
Segmentasi Pasar, Klinik, PemasaranAbstrak
Klinik menjadi salah satu bidang jasa yang semakin berkembang hingga menimbulkan persaingan. Persaingan terjadi untuk memperebutkan mangsa pasar, hal tersebut menyebabkan kegiatan pemasaran pada bisnis jasa kesehatan menjadi suatu hal penting yang harus dilakukan. Segmentasi pasar memiliki peranan penting agar sebuah jasa bidang kesehatan karena mampu mengidentifikasi karakteriistik konsumennya (pasien) (Aisyah, 2016). Dengan melakukan segmentasi pasar, maka pelayanan kesehatan tersebut mampu memahami konsumennya dan dapat menyediakan layanan sesuai dengan pasarnya sehingga konsumen merasa puas dengan layanan yang diberikan. Berdasarkan segementasi pasar pelayanan kesehatan dapat menggolongkan pasar dari yang besar sampai ke yang terkecil, sehingga penjualan produk jasa kesehatan dapat lebih efektif dan efisien. Klinik X merupakan sebuah klinik yang telah berdiri kurang lebih 2 tahun. Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin melakukan analisis segmentasi pasar di Klinik X dengan menggunakan 4 point dengan variable dalam mengalaisis segmentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Pengambilan data dilakukan terhadap seluruh pasien dengan memberikan kuisioner untuk pasien isi. Peneliti bekerjasama dengan perawat dan staff klinik X agar supaya pengisian kusioner berjalan degan baik. Dalam kurun waktu 2 minggu terdapat total pasien 100 orang dan semuanya bersedia mengisi kuisioner.