EFEK MEDIASI MUSLIM CONSUMER ATTITUDE DALAM HUBUNGAN ANTARA SOCIAL COMMERCE INTERACTIVITY DENGAN PURCHASE INTENTION GENERASI MILLENIALS INDONESIA
Kata Kunci:
Social Commerce Interactivity, TAM, Muslim Consumer Attitude, Purchase Intention, MillenialsAbstrak
Social commerce adalah sebuah model bisnis atau strategi yang muncul dari peningkatan penggunaan media sosial. Pada awalnya merupakan perdagangan berbasis internet (e-commerce) berubah menjadi social commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengestimasi efek mediasi melalui variabel Muslim consumer attitude, yang merupakan mekanisme psikologis penting dalam menjelaskan bagaimana interaktivitas di situs social commerce dapat mempengaruhi keputusan konsumen Muslim. Penelitian ini menggunakan analisis SEM PLS dengan menggunakan alat analisis Warppls 7.0. responden yang digunakan adalah sebanyak 187 responden yang merupakan pengguna top 5 e-commerce (Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak) dan merupakan generasi Millenials Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efek mediasi secara partial oleh variabel Muslim consumer attitude dalam hubungan antara social commerce interactivity dengan purchase intention. Hasil penelitian ini menjelaskan pentingnya mengintegrasikan nilai dan keyakinan agama sebagai predictor bagi efektivitas platform E-commerce dalam komunitas Muslim. Selain itu penelitian ini menunjukkan bahwa Muslim consumer attitude merupakan mekanisme psikologis yang dapat menjelaskan perilaku penerimaan teknologi pada konsumen Muslim. Hal ini memperkaya model TAM dalam memprediksi penerimaan teknologi informasi oleh pengguna Muslim.