PENGARUH GAYA HIDUP DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI GENERASI Z DENGAN PERILAKU ISRAF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

(STUDI KASUS: PEMAKAIAN GADGET UNTUK AKSES BERMAIN GAME DAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA UIN SYECH. M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI)

Penulis

  • Elvi Nasriandani UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iiz Izmuddin UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Gaya Hidup, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Perilaku Israf Perilaku Konsumsi

Abstrak

Tujuan penelitian menganalisis pengaruh gaya hidup generasi Z terhadap perilaku konsumsi dengan islamic opportunity cost sebagai variabel mediasi studi kasus pemakaian gadget untuk akses bermain game dan media sosial pada mahasiswa uin syech. m. djamil djambek bukittinggi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan Correlation Research. Penelitian dilakukan di UIN Syech. M. Djamil Djambek di Bukittinggi. Data penelitian yang digunakan adalah primer dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang generasi Milenial Z yang berkuliah di UIN Syech. M. Djamil Djambek Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu teknik non-probability sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan software Warp PLS 7.0. Hasil Penelitian menunjukan gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumsi dengan nilai p values 0.001 < 0.05, adapun β atau interpretasi path coefficients dengan nilai 0,723 (positif). Gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku israf dengan nilai p values 0.001 < 0.05, adapun β atau interpretasi path coefficients dengan nilai 0.457 (positif). Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumsi dengan nilai p values 0.035 < 0.05, adapun β atau interpretasi path coefficients dengan nilai 0.155 (positif). Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku israf dengan nilai p values 0.001 < 0.05, adapun β atau interpretasi path coefficients dengan nilai 0.416 (positif). Perilaku israf berpengaruh secara positif tapi tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi dengan nilai p values 0.156 > 0.05, adapun β atau interpretasi path coefficients dengan nilai 0.087 (positif). Gaya hidup berpengaruh secara positif tapi tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi melalui perilaku israf sebagai variabel mediasi dengan nilai p values 0.259 > 0.05, adapun β atau interpretasi path coefficients dengan nilai 0.67 (positif) dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif tapi tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi melalui perilaku israf sebagai variabel mediasi dengan nilai p values 0.278 > 0.05, adapun β atau interpretasi path coefficients dengan nilai 0.84 (positif).

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31