Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan Islam dan Fungsi-Fungsi Manajemen
Kata Kunci:
Manajemen, Kepemimpinan, Organisasi Pendidikan IslamAbstrak
Penelitian ini membahas prinsip-prinsip dasar manajemen dan nilai dalam konteks pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Fleksibilitas konsep pengelolaan sangat penting untuk menyesuaikan diri dengan perubahan situasi, khususnya dalam konteks kepemimpinan dalam organisasi pendidikan Islam. Elemen-elemen kunci seperti perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, kepemimpinan, dan pengendalian menjadi fokus utama untuk mencapai kinerja efisien. Pelatihan eksekutif menjadi sarana untuk memperkuat kerjasama antara staf pengajar dan hierarki organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data dari berbagai sumber, seperti jurnal dan internet. Kesuksesan lembaga pendidikan Islam dipengaruhi oleh manajemen yang baik dan kemampuan menerapkan fungsi-fungsi manajemen secara profesional. Sejarah beberapa organisasi pendidikan Islam di Indonesia, seperti Al-Jami’at Al Khairiyah, Al-Islah Wal Irsyad, Persyarikatan Ulama’, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama, juga menjadi fokus perhatian. Artikel ini menekankan konsep dasar kepemimpinan dalam perspektif Islam, menganggap kepemimpinan sebagai amanah, berdasarkan keadilan, dan didasarkan pada ketaatan kepada Allah.
This research discusses the basic principles of management and values in the context of managing Islamic educational institutions. The flexibility of the management concept is very important to adapt to changing situations, especially in the context of leadership in Islamic educational organizations. Key elements such as planning, organizing, staffing, leadership, and control become the main focus to achieve efficient performance. Executive training becomes a means of strengthening collaboration between teaching staff and the organizational hierarchy. The research method used is descriptive qualitative with data from various sources, such as journals and the internet. The success of Islamic educational institutions is influenced by good management and the ability to apply management functions professionally. The history of several Islamic educational organizations in Indonesia, such as Al-Jami'at Al Khairiyah, Al-Islah Wal Irsyad, Persyarikatan Ulama', Muhammadiyah, and Nahdlatul Ulama, is also the focus of attention. This article emphasizes the basic concept of leadership from an Islamic perspective, considering leadership as trustworthy, based on justice, and based on obedience to Allah.