SYSTMATIC LITERATURE REVIEW ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT LITERASI KEUANGAN DIGITAL: STUDI PADA GENERASI Z DI INDONESIA
Kata Kunci:
Literasi Keuangan Digital, Generasi Z, Akses Internet, systematic lifeterature review, Platform Keuangan Digital, Indonesia, Digital Financial Literacy, Generation Z, Internet Access, Digital Financial PlatformsAbstrak
Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 dan 2012, merupakan generasi digital native yang terbiasa dengan teknologi dan internet. Meskipun terbiasa dengan teknologi, tingkat literasi keuangan digital pada Generasi Z di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini, yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan merujuk pada penelitian terdahulu mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi di Indonesia, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan digital mereka. Data yang dianalisis menggunakan teknik systematic lifeterature review mengungkapkan bahwa akses internet, pendidikan keuangan formal, pendidikan keuangan informa, penggunaan platform keuangan digital, dan kepercayaan terhadap platform-platform tersebut secara signifikan mempengaruhi tingkat literasi keuangan digital. Temuan ini mengindikasikan bahwa para pemangku kepentingan perlu meningkatkan akses internet, menyediakan pendidikan keuangan formal dan informal yang komprehensif, serta meningkatkan kepercayaan Generasi Z terhadap platform keuangan digital untuk meningkatkan literasi keuangan digital mereka.
Generation Z, born between 1997 and 2012, represents a digitally native generation accustomed to technology and the internet. Despite their familiarity with technology, the level of digital financial literacy among Generation Z in Indonesia remains relatively low. This study, employing a qualitative descriptive method and referencing previous research on factors influencing literacy levels in Indonesia, analyzes the factors affecting their digital financial literacy. The data, analyzed using systematic literature review techniques, reveal that internet access, formal financial education, informal financial education, the use of digital financial platforms, and trust in these platforms significantly influence the level of digital financial literacy. These findings indicate that stakeholders need to improve internet access, provide comprehensive formal and informal financial education, and enhance Generation Z's trust in digital financial platforms to boost their digital financial literacy.