PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN INDUSTRI KREATIF SEKTOR MEDIA DAN ENTERTAINMENT YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN (2020-2023)
Kata Kunci:
Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Harga SahamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan industri kreatif sektor media dan entertainmnet yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2020-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan adalah sektor perusahaan industri kreatif sektor media dan entertainmnet yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2020-2023 yang berjumlah 21 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 14 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,501 atau 5,01% yang berarti bahwa menunjukkan adanya pengaruh dari variabel independen (Likuiditas, Leverage Profitabilitas) terhadap variabel dependen (Harga Saham) pada perusahaan industri kreatif sektor media dan entertainmnet yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu sebesar 5,01 %, sedangkan sisanya 4,09% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, leverage tidakĀ berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan profitabilitas berpengsaruh negative dan signifikan terhadap harga saham.