STRATEGI PEMASARAN SOCIAL COMMERCE DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI DAN PENJUALAN DI TOKO NADA BUSANA PRINGSEWU
Kata Kunci:
Strategi, Pemasaran, Penjualan, InteraksiAbstrak
Industri ritel pakaian di Indonesia tumbuh pesat berkat meningkatnya daya beli masyarakat dan tren fashion yang selalu berubah. Toko Nada Busana Pringsewu ingin memanfaatkan pemasaran social commerce untuk meningkatkan interaksi dan penjualan, namun menghadapi kendala seperti keterbatasan jangkauan pasar, modal, tenaga kerja, dan pengetahuan pemasaran. Oleh Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran social commerce dalam meningkatkan interaksi dan penjualan di Toko Nada Busana Pringsewu. Data yang digunakan bersifat sekunder, diambil dari dokumen seperti jurnal, dan dianalisis menggunakan metode investigasi dokumen dengan fokus pada analisis SWOT. Hasil penelitian menyoroti. strategi yang meningkatkan interaksi konsumen ini mencakup pemanfaatan kekuatan social commerce seperti jangkauan luas dan interaksi dua arah, serta menanggapi tantangan seperti ketergantungan pada platform dengan rekomendasi untuk strategi multi-saluran dan peningkatan personalisasi. Dalam meningkatkan penjualan, rekomendasi strategi mencakup memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran social commerce, dan menjaga kualitas produk dan layanan.