PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA SISWA MAN 3 LANGKAT
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Ranah Kognitif, Layanan Bimbingan KelompokAbstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada di kelas X Man 3 Langkat yang menunjukkan tingkat hasil belajar kognitif siswa yang rendah dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar yang disebabkan oleh suasana lingkungan belajar yang berisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre- eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postets design. Populasi penelitian ini siswa kelas X Man 3 Langkat berjumlah 64 siswa dan terdapat 10 siswa sebagai sampel yang menggunakan teknik sampling purposive berdasarkan hasil belajar kognitif yang rendah disebabkan kurangnya konsentrasi dalam proses belajar yang disebabkan oleh suasana lingkungan belajar yang berisik. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase dan uji hipotesis (wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Rata- rata hasil belajar kognitif sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kriteria sedang (67,89%). Setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok rata-rata hasil belajar ranah kognitif masuk dalam kategori tinggi (83,79%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan hipotesis diterima Ha dengan pengertian terdapat pengaruh hasil belajar siswa kelas X Man 3 Langkat dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Implementasi bagi siswa diharapkan lebih meningkatkan kemampuan belajar dan bagi guru pembimbing lebih mengoptimalkan layanan bimbingan kelompok sebagai salah satu alternatif bantuan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa agar siswa dapat mengoptimalkan kemampuan dalam hal belajar dengan strategi yang sesuai dan faktor dari kesulitan belajar yang dialami dapat terentaskan