PENGARUH FAKTOR FAKTOR PRIVASI, KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TRANSAKSI SECARA ONLINE DI SHOPEE.ID

Penulis

  • Nabilah Fina Asyifa STIE Mahardika
  • Dr.Hj. Nanik Kustianingsih STIE Mahardika

Kata Kunci:

E-commerce, Privasi, Keamanan, Kepercayaan dan Niat Bertransaksi

Abstrak

Karena kemajuan teknologi dan arus informasi, perilaku pelanggan menjadi lebih pragmatis, sehingga membutuhkan kecepatan dan ketepatan bisnis untuk menjawab kebutuhan mereka. Hal ini telah mendorong evolusi model e-commerce yang sedang berlangsung yang dibangun di atas inovasi dan pengemasan informasi yang canggih. Dalam hal menghilangkan konsep jarak dan waktu, yang merupakan salah satu keunggulan kompetitif e-commerce, masyarakat umum percaya bahwa e-commerce adalah solusinya. Penelitian dilaksanakan untuk mengidentifikasi variabel independen mana yang berdampak paling signifikan terhadap kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian di Shopee.id, dan untuk menguji efek simultan dan parsial dari privasi, keamanan, dan kepercayaan terhadap kecenderungan tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksplanatori berbasis survei, dengan jumlah sampel sebanyak 110 partisipan. Accidental Sampling digunakan untuk mendapatkan strategi pengambilan sampel. Data berasal dari kombinasi sumber primer dan sumber sekunder (buku dan web). Analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini masuk kategori analisis kuantitatif yang diolah melalui SPSS. Mengikuti prosedur yang telah diuraikan di atas, penelitian menemukan bahwa variabel privasi, keamanan, dan kepercayaan memiliki pengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel niat bertransaksi, dan k memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel niat bertransaksi, yang ditentukan oleh hasil analisis uji t.

This study focuses on the alteration of consumers' behavioral and needs patterns, which have become more practical due to advancements in technology and the flow of information. Customers' expectations for timely and precise responses to their requests are rising. As a result, e-commerce has developed and expanded to meet consumer needs. Because of its capacity to bridge geographical and temporal distances, e-commerce is seen as the appropriate solution to customers' incessant demands for promptness and accuracy. This study aims to understand how factors like customer confidence, safety, and privacy affect shoppers' propensity to make purchases on Shopee.id. In this scenario, we regard privacy, security, and trust as separate factors and do a multivariate analysis to identify which of these factors most strongly predicts the aforementioned customers' desire. This study's primary purpose is to provide light on a puzzling phenomenon. Primary information for this study comes from an online survey sent to a random sample of 110 people. Secondary data, however, come from places like scholarly journals and online databases. Quantitatively, a linear regression analysis in SPSS is being performed on the data. According to this study's F test findings, the levels of customer enthusiasm are significantly impacted by the independent variables of privacy, security, and trust. However, the results of the t test indicate that all three of the aforementioned independent factors have some bearing on customers' excitement. Whereas, this study finds that consumers' eagerness to make online purchases on Shopee.id is most affected by the independent variable of security.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31