STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN, UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURABAYA WONOCOLO

Penulis

  • Didiek Adi Widiyoko STIE Mahardika
  • Dr.Hj. Nanik Kustianingsih STIE Mahardika

Kata Kunci:

Mengetahui Kualitas Pelayanan, Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pajak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini, yang berjudul “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo” adalah untuk menilai kondisi pelayanan pajak KPP Pratama Surabaya Wonocolo saat ini dan mengembangkan rencana untuk meningkatkan pelayanan tersebut. Penulis menggunakan teknik analisis SWOT untuk mengevaluasi strategi dan kuesioner untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap layanan pajak KPP Pratama Surabaya Wonocolo dalam rangka mengidentifikasi bidang-bidang yang perlu ditingkatkan. Area-area yang perlu ditingkatkan meliputi fasilitas administrasi yang mendukung pelayanan pajak saat ini dan infrastruktur KPP yang mendukung pelayanan pajak di Surabaya Wonocolo. Berdasarkan analisis terhadap variabel internal dan eksternal, KPP Pratama Surabaya Wonocolo telah menetapkan rencana yang memprioritaskan pembangunan kelembagaan dan memberikan otonomi penuh dalam menjalankan posisinya sebagai penyedia layanan pajak. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan wajib pajak mengenai pembayaran pajak melalui penyampaian informasi, peraturan, dan kebijakan yang mendukung kekuatan KPP sebagai pelayanan publik dalam mengelola proses pembayaran pajak di Surabaya Wonocolo. Strategi SO diimplementasikan untuk membantu KPP Pratama Surabaya Wonocolo memanfaatkan sumber daya dan potensi yang ada.

The purpose of this research, entitled "Service Quality Improvement Strategy to Improve Taxpayer Compliance at the Surabaya Wonocolo Pratama Tax Service Office" is to assess the current condition of the Surabaya Wonocolo Pratama KPP tax services and develop a plan to improve these services. The author uses SWOT analysis techniques to evaluate strategies and questionnaires to measure customer satisfaction with KPP Pratama Surabaya Wonocolo tax services in order to identify areas that need to be improved. Areas that need to be improved include administrative facilities that support current tax services and KPP infrastructure that supports tax services in Surabaya Wonocolo. Based on an analysis of internal and external variables, KPP Pratama Surabaya Wonocolo has established a plan that prioritizes institutional development and provides full autonomy in carrying out its position as a tax service provider. This is done by increasing taxpayers' knowledge regarding tax payments through the delivery of information, regulations and policies that support the strength of the KPP as a public service in managing the tax payment process in Surabaya Wonocolo. The SO strategy was implemented to help KPP Pratama Surabaya Wonocolo utilize existing resources and potential.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31