PENGARUH STRATEGIC SUPPLIER PARTNERSHIP DAN INFORMATION SHARING TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
(Studi Pada UMKM P2K2 Universitas Riau)
Kata Kunci:
Strategic Supplier Partnership, Information Sharing, Keunggulan Bersaing, Kinerja UsahaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategic supplier partnership, dan information sharing terhadap kinerja usaha melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada UMKM Mitra P2K2 Universitas Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Mitra P2K2 UNRI. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini teknik sampling jenuh yaitu metode yang di mana seluruh anggota populasi diikutsertakan sebagai responden. Teknik ini diterapkan karena jumlah populasi yang relatif kecil, sehingga memungkinkan semua unit dalam populasi menjadi sampel penelitian, dan jumlah sampel ditentukan dengan pendekatan rumus sensus yakni sebanyak 51 UMKM Mitra P2K2 Universitas Riau. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 4.1.0.9. hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa strategic supplier partnership memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap kinerja usaha. Information sharing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Strategic supplier partnership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Information sharing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan Bersaing. Pada keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Keunggulan bersaing memediasi hubungan antara strategic supplier partnership dan kinerja usaha. Keunggulan bersaing memediasi hubungan antara information sharing dan kinerja usaha.
This study aims to determine the effect of strategic supplier partnership, and information sharing on business performance through competitive advantage as a mediating variable inĀ P2K2 Partners of Riau University. The population in this study were MSME Partners of P2K2 UNRI. The sampling technique used in this study was saturated sampling technique, which is a method in which all members of the population are included as respondents. This technique was applied because the population was relatively small, so it was possible for all units in the population to become research samples, and the number of samples was determined using the census formula approach, namely 51 UMKM Partners of P2K2 Riau University. The analysis method used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Square (PLS) approach which is processed using SmartPLS software version 4.1.0.9. The results of research with hypothesis testing show that strategic supplier partnership has a positive but insignificant effect on business performance. Information sharing has a positive and significant effect on business performance. Strategic supplier partnership has a positive and significant influence on Competitive Advantage. Information sharing has a positive and significant effect on competitive advantage. Competitive advantage has a positive and significant effect on business performance. Competitive advantage mediates the relationship between strategic supplier partnership and business performance.