PENGARUH INFLUENCER DALAM PENINGKATAN PENJUALAN DI THE DELIBAKES CAFÉ BANDUNG

Penulis

  • Dewi Fitriani Akademi Pariwisata NHI Bandung
  • Ilham Fajri Akademi Pariwisata NHI Bandung

Kata Kunci:

Article, Journal, Template, Gastronomy, Tourism

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer terhadap peningkatan penjualan di The Delibakes Café Bandung. Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial, pemasaran melalui influencer telah menjadi salah satu strategi utama dalam meningkatkan penjualan produk, terutama di sektor kuliner. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (pengaruh influencer yang diukur melalui variabel Visibilitas, Kredibilitas, Attractive, dan power dengan variabel dependen (peningkatan penjualan) produk The Delibakes Café Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 99 responden yang merupakan pengunjung yang datang ke The Delibakes Café Bandung yang mengikuti influencer terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak statistik (SPSS 22) untuk menguji validitas, reliabilitas, serta model regresi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan influencer memiliki pengaruh positif simultan yang signifikan terhadap peningkatan penjualan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemilik usaha kuliner untuk memanfaatkan influencer dalam strategi pemasaran mereka guna meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28