PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA NTT DI UNIVERSITAS COKROAMINOTO YOGYAKARTA
Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Gaya Hidup, Pengelolaan KeuanganAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan gaya idup terhadap pngelolaan keuangan mahasiswa NTT di Universitas Cokroaminoto Yogyakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berasal dari NTT di Universitas Cokroaminoto Yogyakrta. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin berjumlah 96 orang mahasiswa NTT di Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengeolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial literasi keungan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan dengan nilai t-hitung sebesar 3,195 dan t-tabel sebesar 1,986. Sikap keuangan tidak berpengaruh sisgnifikan terhadap pengelolaan keuangan dengan nilai nilai t-hitung sebesar -0,209 dan t-tabel sebesar 1,986. Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan dengan nilai t-hitung sebesar 2,925 dan t-tabel sebesar 1,986. Secara simultan literasi keuangan, sikap keuangan, dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa NTT di Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Dengan bahwa diperoleh nilai F-hitung sebesar 48,283 dan f-tabel sebesar 2,70.
The purpose of this study is to determine and analyze the influence of financial literacy, financial attitude, and lifestyle on the financial management of NTT students at Cokroaminoto University of Yogyakarta, both partially and simultaneously. This research uses a quantitative approach. The population in this study consists of all students from NTT at Cokroaminoto University of Yogyakarta. The sample was determined using the Slovin formula, resulting in 96 NTT students. The data collection technique employed in this research is a questionnaire. The data analysis techniques include multiple linear regression analysis, hypothesis testing (t-test and F-test), and the coefficient of determination. Data processing was carried out using SPSS version 25 software. The results of this study show that partially, financial literacy has a significant influence on financial management with a t-value of 3.195 and a t-table value of 1.986. Financial attitude does not have a significant influence on financial management with a t-value of -0.209 and a t-table value of 1.986. Lifestyle has a significant influence on financial management with a t-value of 2.925 and a t-table value of 1.986. Simultaneously, financial literacy, financial attitude, and lifestyle have a significant influence on the financial management of NTT students at Cokroaminoto University of Yogyakarta, with an F-value of 48.283 and an F-table value of 2.70.