DAMPAK PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN STRATEGI PROMOSI DIGITAL TERHADAP OMZET UMKM
Kata Kunci:
E-commerce, Strategi Digital, Omzet UMKMAbstrak
Furthermore (Brunius & Lind, 2017) argue, because digital marketing can expand the market, businesses should work with web sites or bloggers in marketing their products or services so that it can bring benefits to their business. They also found that the use of digital marketing makes the results of marketing can be monitored in real time. in this study was also conducted by distributing questionnaires to respondents. To test the hypothesis, researchers used the F statistical test, t-statistical test and the coefficient of determination test. The method used in this study is descriptive statistical analysis method, multiple linear regression analysis test by performing the classical assumption test of normality. It can be seen in the test results table that the results of the t test prob value (t-statistic) of the variable Usage is significant with an alpha level of 5%. The prob. (t-statistic) value on the Training variable is 0.000 less than the 5% alpha level (0.05) and indicates a positive relationship direction. This study explores the impact of e-commerce and digital marketing strategies on MSE turnover. This study focuses on the role of e- commerce in enhancing the growth and development of MSMEs, with the main objective of improving customer feedback and reducing marketing costs. E-commerce is a digital advertising strategy that uses digital media such as computers, mobile phones, and smart phones to promote products and service.
Lanjutnya (Brunius & Lind, 2017) berpendapat, karena pemasaran digital bisa memperluas pasar, maka pelaku usaha sebaiknya bekerjasama dengan web site atau blogger dalam memasarkan produk atau jasanya agar hal itu dapat mendatangkan keuntungan bagi usahanya. Mereka juga menemukan penggunaan pemasaran digital membuat hasil dari pemasaran bisa dipantau secara real time. pada penelitian ini juga dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan uji statistik F, uji statistik-t dan uji koefisien determinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis statistik deskriptif, uji analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik normalitas. Dapat dilihat pada tabel hasil pengujian menunjukkan bahwa pada hasil uji t nilai prob (t-statistik) variabel Penggunaan signifikan dengan taraf tingkat alpha 5%. Nilai prob. (t statistik) pada variabel Pelatihan 0.000 lebih kecil dari tingkat alpha 5% (0,05) dan menunjukkan arah hubungan positif. Studi ini mengeksplorasi dampak e-commerce dan strategi pemasaran digital terhadap Omzet UMK. Studi ini berfokus pada peran e-commerce dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan UMKM, dengan tujuan utama untuk meningkatkan umpan balik dari pelanggan dan mengurangi biaya pemasaran. E-commerce adalah strategi periklanan digital yang menggunakan media digital seperti komputer, telepon genggam, dan ponsel pintar untuk mempromosikan produk dan layanan.