PENGARUH DIGITAL MARKETING, LIVE STREAMING DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EIGER
Kata Kunci:
Digital Marketing, Live Streaming, Life Style, Keputusan PembelianAbstrak
In today's digital era, technological developments have changed the way consumers make purchasing decisions. Digital marketing and live streaming have become important tools for companies to market their products, while consumer lifestyles also have a significant influence on the decision-making process. The potential for increased use of social media has significantly influenced human activities as users. Competition in meeting various community needs has made technology inseparable from everyday life. This study aims to analyze the influence of digital marketing, live streaming, and lifestyle on purchasing decisions for Eiger products. This study used a sample of 100 respondents. The data collection technique used was a survey with a questionnaire as the research instrument. The results of the instrument test stated that the data in this study were proven valid and reliable. The Classical Assumption Test stated that this study was normally distributed and produced a regression model that was free from multicollinearity and heteroscedasticity. The results of this study prove that: (1) Digital marketing does not influence purchasing decisions for Eiger products, (2) Live streaming has a positive and significant effect on purchasing decisions for Eiger products, and (3) Lifestyle does not influence purchasing decisions for Eiger products.
Dalam era digital saat ini, perkembangan teknologi telah mengubah cara konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Digital marketing dan live streaming telah menjadi alat penting bagi perusahaan untuk memasarkan produknya, sementara lifestyle konsumen juga memiliki pengaruh signifikan dalam proses pengambilan keputusan. Potensi peningkatan penggunaan media sosial telah memberikan pengaruh signifikan terhadap aktivitas manusia sebagai penggunanya. Persaingan dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat membuat teknologi menjadi tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh Digital Marketing, Live Streaming, dan Lifestyle terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survei dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil Uji Instrumen menyatakan bahwa data dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Pada Uji Asumsi Klasik dinyatakan dalam penelitian ini terdistribusi secara normal dan menghasilkan model regresi yang bebas dari multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) Digital Marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger, (2) Live Streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger, dan (3) Life Style tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger.