PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN KEPUASAN PELANGGAN PADA MP BARBERSHOP

Penulis

  • Nurhafizi Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Hario Tamtomo Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Deka Veronica Universitas Muhammadiyah Jambi

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, MP Barbershop.

Abstrak

Persaingan bisnis jasa barbershop yang semakin kompetitif, di mana kepuasan pelanggan menjadi kunci utama dalam menjaga loyalitas dan keberlangsungan usaha. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Sampel ditentukan dengan rumus Lemeshow untuk populasi yang tidak diketahui jumlahnya, sehingga diperoleh 97 responden pelanggan MP Barbershop. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t_hitung sebesar 5,709 > t_tabel 1,66123 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Demikian pula, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t_hitung sebesar 13,525 > t_tabel 1,66123 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai F_hitung 231,445 > F_tabel 3,093 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa harga yang kompetitif dan kualitas pelayanan yang baik merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di MP Barbershop.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30