PENGARUH STRATEGI SEGMENTASI, TARGETTING, POSITIONING (STP) TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI QPON DIKALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN UNIMED

Penulis

  • Hendra Saputra Universitas Negeri Medan
  • Afifah Nida Suhailah Boru Dalimunthe Universitas Negeri Medan
  • Desi Irawan Lestari Universitas Negeri Medan
  • Fikri Al Kautsar Universitas Negeri Medan
  • Jekson Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Miftahussa’idah Universitas Negeri Medan
  • Nabila Khairunnisa Universitas Negeri Medan
  • Tasya Chintain Br Simanjuntak Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Segmentasi, Targetting, Positioning, Keputusan Penggunaan Aplikasi Qpon

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini menganalisis pengaruh Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Qpon di kalangan mahasiswa Manajemen UNIMED. Hasil uji simultan (F =38.683; p=0.000 ) menunjukkan bahwa ketiga variabel STP secara kolektif berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan, dan menjelaskan 63.7% variasi keputusan penggunaan tersebut. Secara parsial, Targeting (p=0.000) terbukti paling dominan. Meskipun Segmentasi dan Positioning juga signifikan secara parsial, dalam uji regresi berganda, Targeting menjadi satu-satunya faktor yang signifikan secara statistik (p=0.001), menegaskan perannya sebagai pendorong paling krusial dalam keputusan penggunaan aplikasi ini.

This quantitative study analyzes the influence of Segmentation, Targeting, and Positioning (STP) on the Decision to Use the Qpon Application among Management students at UNIMED. The simultaneous test results (F = 38.683; p = 0.000) indicate that the three STP variables collectively have a significant effect on the Usage Decision, explaining 63.7% of the variation in that decision. Partially, Targeting (p = 0.000) was proven to be the most dominant. Although Segmentation and Positioning are also partially significant, in the multiple regression test, Targeting is the only factor that is statistically significant (p = 0.001), emphasizing its role as the most crucial driver in the decision to use this application.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30