IDENTIFIKASI ANAK CERDAS, BERBAKAT DAN ANAK , BERKEBUTUHAN KHUSUS

Penulis

  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Iin Inayah Universitas primagraha
  • Risma Diniyah rismadnyh@gmail.com
  • Ninis khaerunnisa Universitas Primagraha
  • Ika Evita Sari Aris Universitas Primagraha

Kata Kunci:

anak cerdas, berbakat dan berkebutuhan khusus

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus merupakan mereka yang mengalami gangguan
perkembangan dan kelainan, membutuhkan penanganan khusus. Dalam konteks disability,
keterbatasan bisa bersifat fisik (seperti tunanetra, tunarungu) atau psikologis (seperti autisme,
ADHD). Istilah ini mencakup lebih banyak hal daripada “anak luar biasa” dan menunjukkan
kebutuhan khusus dalam pendidikan, memerlukan pelayanan yang spesifik. Dalam metode
penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif
kualitatif. Analisis isi di gunakan untuk menganalisis naskah, sementara metode pengambilan
sampel dan jenisnya di jelaskan. Anak berkebutuhan khusus didefinisikan sebagai anak yang
membutuhkan pendidikan serta layanan khusus untuk mengembangkan potensi kemanusiaan
mereka secara sempurna. Anak disebut sebagai berkebutuhan khusus karena mereka memerlukan
dukungan seperti layanan pendidikan, sosial, bimbingan, dan jenis layanan khusus lainnya untuk
memenuhi kebutuhan hidup mereka. Anak berkebutuhan khusus adalah generasi muda yang
memerlukan pendidikan dan layanan khusus untuk mencapai potensi kemanusiaannya seutuhnya.
Definisi ini menekankan perlunya layanan khusus yang mencakup aspek mental, sensorik, fisik,
neuromuskular, perilaku sosial, emosional

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01