MANFAAT E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

Penulis

  • Fauzan Faisal Universitasi Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Marseto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Riko Setya Wijaya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Kata Kunci:

E-Commerce, ICT, UKM

Abstrak

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. Tetapi UKM yang ada di Indonesia masih menghadapi berbagai masalah antara lain masalah promosi, pemasaran dan penjualan penjaualan produk yang dihasilkan. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka ia juga telah dimanfaatkan untuk pemasaran dan penjualan produk-produk melalui dunia maya yang sering disebut E-commerce. Penjualan dan pemasaran produk melalui dunia maya mempunyai banyak keuntungan, yaitu cakupan yang luas, tidak mengenal ruang dan waktu, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu E-commerce patut dicoba untuk membantu mengembangkan UKM yang ada di Indonesia.

Small and Medium Enterprises (SMEs) is one sector that contributes significant in spurring Indonesia's economic growth. This is due to absorption SMEs to a very large workforce and close to the common people. But SMEs that in Indonesia are still facing various problems including promotion, marketing problems and sales of products produced. Along with the development of information technology and communication, then it has also been utilized for the marketing and sale of products through cyberspace which is often called E-commerce. Sales and marketing of products through cyberspace has many advantages, namely broad coverage, does not know space and time, can be done anytime and anywhere. Therefore E-commerce is worth a try to help develop SMEs in Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01