PENGARUH KUALITAS PELAYANAN APLIKASI MOBILE BANKING DAN KUALITAS PRODUK BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI SIDOARJO

Penulis

  • Neta Armeilia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sriyono Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kata Kunci:

Service Quality, Product Quality, Customer Satisfaction, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah

Abstrak

Abstrak − Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh kualitas pelayanan aplikasi mobile banking dan kualitas produk bank terhadap kepuasan nasabah bank BSI di Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah nasabah BSI yang bertempat tinggal di Sidoarjo sebesar 80 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian menghasilkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan nasabah, kualitas produk berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan nasabah serta kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan nasabah bank BSI di Sidoarjo

Abstract - This study aims to determine and analyze the effect of mobile banking application service quality and bank product quality on customer satisfaction of BSI bank in Sidoarjo. This research method uses quantitative descriptive analysis. The research sample is BSI customers who live in Sidoarjo amounting to 80 people. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection techniques through questionnaires. The results showed that service quality has no significant positive effect on customer satisfaction, product quality has a significant positive effect on customer satisfaction and service quality and product quality together have a significant positive effect on customer satisfaction of BSI bank in Sidoarjo.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01