Pengaruh Komunikasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Kredit Pada Pt. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar
Kata Kunci:
Komunikasi, Kecerdasan Emosional, Kinerja KaryawanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan bagian kredit pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Adapun metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Sampel yang digunakan 34 karyawan bagian kredit pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan bagian kredit pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar ditunjukkan oleh koefisien regresi variabel komunikasi sebesar 1.298 dengan nilai signifikasi 0.000<0.05. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar ditunjukkan oleh koefisien regresi variabel kecerdasan emosional 0.305 dengan nilaiĀ signifikasi 0.094<0.05. Serta komunikasi dan kecerdasan emosional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 0.00<0.05. Kontribusi variabel independen (komunikasi dan kecerdasan emosional) terhadap variabel dependen (kinerja karyawan) sebagaimana ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.779 atau 77.9% sedangkan sisanya sebesar 0.221 atau 22.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
This research aims to analyze the influence of communication and emotional intelligence on the performance of credit department employees at PT. Bank Sulselbar Makassar Main Branch. The analysis method in this research uses multiple linear regression using the SPSS version 22 application. The sample used was 34 credit department employees at PT. Bank Sulselbar Makassar Main Branch. The research results show that communication has a positive and significant effect on the performance of credit department employees at PT. Bank Sulselbar Makassar Main Branch is shown by the regression coefficient for the communication variable of 1,298 with a significance value of 0.000<0.05. Emotional intelligence has a positive and insignificant effect on the performance of PT employees. Bank Sulselbar Makassar Main Branch is shown by the regression coefficient for the emotional intelligence variable of 0.305 with a significance value of 0.094<0.05. And communication and emotional intelligence simultaneously have a positive and significant effect on employee performance with a value of 0.00<0.05. The contribution of the independent variables (communication and emotional intelligence) to the dependent variable (employee performance) as shown by the coefficient of determination (R2) is 0.779 or 77.9% while the remaining 0.221 or 22.1% is influenced by other variables not examined in this research.