PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PUSKESMAS KOTO BALINGKA PASAMAN BARAT

Penulis

  • Siti Handayani Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Dori Mittra Candana Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Mardhatila Fitri Sopali Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Kesejahteraan Karyawan, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Kepemimpinan dan Kesejahteraan Karyawan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pukesmas Koto Balingka Pasaman Barat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Puskesmas dengan menggunakan teknik kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui survei dan menyebarkan kuesioner kepada pegawai sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM) Dengan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kesejahteraan Karyawan terhadap Kepuasan Kerja. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara Kesejahteraan Karyawan terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat Kepuasan Kerja memediasi Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai. Terdapat Kepuasan Kerja memediasi Kesejahteraan Karyawan terhadap Kinerja Pegawai. Nilai R2 kostruk kinerja pegawai sebesar 0,949 atau sebesar 94,9% yang menggambarkan besarnya pengaruh yang diterimanya oleh konstruk kinerja pegawai dari konstuk Kepemimpinan, Kesejahteraan Karyawan dan Kepuasan Kerja. Sisanya sebesar 5,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Sementara nilai R2 untuk konstruk Kepuasan Kerja sebesar 0,826 atau sebesar 82,6% menunjukkan besarnya pengaruh yang diberikan oleh konstruk Kepemimpinan dan Kesejahteraan Karyawan dalam menjelaskan atau mempengaruhi Kepuasan Kerja sedangkan sisanya 17,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

This study aims to test and determine the influence of Leadership and Employee Welfare on Employee Performance with Job Satisfaction as an Intervening Variable in Pukesmas Koto Balingka West Pasaman. The population and sample in this study were all employees of the Koto Balingka Health Center using quantitative techniques. Data collection methods through surveys and distributing questionnaires to employees as respondents. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) analysis with Partial Least Square (PLS). Based on the results of the study shows that there is a positive and significant influence between Leadership on Job Satisfaction. There is a positive and significant influence between Employee Welfare and Job Satisfaction. There is a positive and significant influence between Leadership on Employee Performance. There is a negative and insignificant influence between Employee Welfare and Employee Performance. There is a positive and significant influence between Job Satisfaction and Employee Performance. Job Satisfaction mediates Leadership on Employee Performance. Job Satisfaction mediates Employee Welfare on Employee Performance. The R2 value of the employee performance construct is 0.949 or 94.9% which illustrates the magnitude of the influence received by the employee performance construct from the Leadership, Employee Welfare and Job Satisfaction components. The remaining 5.1% was influenced by other variables outside this study. While the R2 value for the Job Satisfaction construct of 0.826 or 82.6% shows the magnitude of the influence given by the Leadership and Employee Welfare construct in explaining or influencing Job Satisfaction while the remaining 17.4% is influenced by other variables.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29