MANAJEMEN STRES UNTUK PEKERJA KANTORAN: BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA TERAPI PEMULIHAN

Penulis

  • Widia Maliki Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mohammad Fatih Firdaus Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aqilah Zahra Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Indonesia, Bahasa, Manajemen, Kantor, Stres

Abstrak

Stres kerja merupakan gejala yang sering terjadi namun kerap diabaikan. Komunikasi yang efektif dapat membantu mengurangi tingkat stres dan dapat meningkatkan kesejahteraan di tempat kerja.  Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dalam komunikasi di pekerjaan dapat mendukung pemulihan mental karyawan. Bahasa penting untuk mengomunikasikan pengalaman, kebutuhan, dan emosi secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa bahasa Indonesia dapat mempengaruhi kelancaran komunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan. Berbagai bentuk karya seni dalam bahasa Indonesia dapat dijadikan sarana pemulihan stress dengan cara mendengarkan dan membacanya. Peneliti menggunanakan metode deskriptif kualitatif lewat teknik wawancara dengan subjek penelitian pekerja kantoran dengan jabatan dan tempat kerja yang berbeda. Hasil yang diperoleh bahwa penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan kerja berfungsi sebagai sarana komunikasi lisan serta tulisan dan berperan sebagai alat yang efektif dalam mengelola stres. Kemahiran dalam menggunakan Bahasa Indonesia dapat mempercepat proses komunikasi, menjaga kejelasan pesan, dan membantu membangun hubungan kerja yang positif antar sesama rekan kerja.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31