STRATEGI PEMASARAN KERUPUK RENGGINANG DI DESA SUKAMAJU PAMBANG

Penulis

  • Maya Rani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (STAIN Bengkalis)
  • Nor Alsuraya Desi Fitri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (STAIN Bengkalis)
  • Nurul Hafizah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (STAIN Bengkalis)

Kata Kunci:

Rengginang, Strategi, Saluran Pemasaran

Abstrak

Jurnal ini akan membahas tentang strategi permasalahan kerupuk rengginang di desa sukamaju pambang. Rengginang merupakan salah satu dari sekian banyak makanan ringan khas desa sukamaju PambangĀ  yang sangat terkenal, pemasaran rengginang sudah merambah ke luar daerah yang dipasarkan oleh lembaga pemasaraan yakni para pedagang besar maupun pengecer dalam rangka memenuhi permintaan konsumen. Tingginya permintaan rengginang disebabkan cita rasa, aroma dan bahan yang digunakan sangat disukai oleh para konsumen dibandingkan dengan rengginang produksi luar desa sukamaju pambang. Tujuan penelitian ini adalah untuk strategi permasalahan kerupuk rengginang di desa sukamaju Pambang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengkaji strategi dan saluran pemasaran dengan objek penelitian produsen dan lembaga pemasaran rengginang desa sukamaju pambang. Pengumpulan data primer menggunakan metode observasi dan wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran rengginang yang diterapkan oleh para produsen adalah strategi produk, strategi kerjasama dan strategi harga.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31