ANALISIS PENGARUH IPTEK DAN ISLAMIC BRANDING TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS UMKM DI KOTA JAMBI

Penulis

  • Ary dean amry universitas jambi
  • Yosi Multaharoh universitas jambi
  • Cindy Evitriani universitas jambi
  • Sellina Oktaviani universitas jambi
  • Yola Puspita universitas jambi
  • Muhammad Alfa Haritsyah universitas jambi

Kata Kunci:

IPTEK, Islamic Branding, UMKM

Abstrak

Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah menjadi tantangan sekaligus peluang yang besar bagi pelaku UMKM di Kota Jambi. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak UMKM di kota ini yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk memasarkan produk mereka. Teknologi ini tidak hanya membantu mereka mencapai pasar yang lebih luas, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis mereka. Namun, ada juga tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada rendahnya pemanfaatan teknologi informasi pada UMKM. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman terhadap manfaat teknologi informasi dan rendahnya ketersediaan sumber daya untuk mengimplementasikannya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada variabel IPTEK memiliki pengaruh signifikan terhadap Perkembangan bisnis umkm. Sedangkan terdapat hasil yang berbeda dari variabel Islamic Branding dimana pada variabel Islamic Branding tidak berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan bisnis UMKM.Hal ini mengisyaratkan bahwa konsumen lebih memilih melakukan pembelian atas dasar IPTEK yang dinilai cukup membantu dalam pemasarannya

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30