IMPLEMENTASI TWO WEEKS OF TRAINING SEBAGAI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM DI MTS NU JOGOLOYO DEMAK

Penulis

  • Mariya Ulfah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Sukarman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Eva Ordiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Khoirul Anwar Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Kata Kunci:

pengembangan SDM, pelatihan SDM, two weeks of training

Abstrak

Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berperan penting dalam peningkatan kinerja output yang baik. Memiliki tenaga pendidik yang baik bisa membantu menghasilkan output yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi two weeks of training sebagai pelatihan dan pengembangan di MTs NU. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif dengan desain naratif. Data penelitian diambil dari observsi, wawancara guru dan murid, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan lima tahapan menurut Miles dan Huberman (1992) dan Merriam (1992) yaitu, mentranskrib data, mengkode data, meredus data, menampilkan data, dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa two weeks of training memberikan dampak yang positif terhadap kinerja guru dalam mengelola kelas dan mempermudah siswa dalam memahami materi. Jenis pelatihan ini disediakan di liburan akhir tahun, tapi demonstrasi dari pelatihan tersebut dimasukan di proses kegiatan mengajar dan belajar di kelas pada hari aktif. Terdapat empat fase yang dilakukan dalam proses pengembangan yaitu, fase diagnostik, fase desain, fase implementasi, dan fase evaluasi. Proses implementasi memiliki empat tahapan diantaranya, tahap merencanakan, tahap melakukan kegiatan,tahan evaluasi dan tahan menindaklanjuti. Pada tahap melakukan kegiatan melibtkan empat metode dalam merealisasikannya. Metode-metode tersebut adalah metode demosntrasi, metode mengerjakan sendiri, metode diskusi kelompok, dan metode pusat pengembangan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20