PENGARUH DISKON HARGA DAN ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK LIVE (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)

Penulis

  • Emma Widianti Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta
  • Astrid Rezi Utami Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta

Kata Kunci:

Diskon Harga, Endorsement, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tiktok Live merupakan fitur dari aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna dan creator untuk berinterkasi dengan pengikut mereka melalui streaming langsung. Perkembangan toko online melalui platform internet telah merajalela di Indonesia, dan menjadi familiar di kalangan masyarakat umum. Banyak layanan e-commerce yang menarik konsumen dengan berbagai penawaran promosi yang menggiurkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga dan endorsement terhadap keputusan pembelian mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan di TikTok Live. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik analisis regresi berganda menggunakan uji t dan F. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar melalui Google Form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan total sampel sebanyak 150 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t (parsial) variabel diskon harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F (simultan) dalam penelitian ini diperloleh nilai F hitung sebesar 92,542 > F tabel sebesar 3,06. Variabel diskon harga dan endorsement berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. 

TikTok Live is a feature of the TikTok app that allows users and creators to interact with their followers through live streaming. The development of online stores through internet platforms has become rampant in Indonesia and is familiar among the general public. Many e-commerce services attract consumers with various enticing promotional offers. This study aims to determine the influence of price discounts and endorsements on the purchasing decisions of students at Ahmad Dahlan University Yogyakarta on TikTok Live. The research method used is quantitative, with multiple regression analysis techniques using t-tests and F-tests. Data was collected through questionnaires distributed via Google Forms. The sampling technique used is Purposive Sampling, with a total sample of 150 students from Ahmad Dahlan University. The results of this study indicate that the t-test (partial) of the price discount variable has a positive and significant impact on the purchasing decision, with a significance value of 0.000 < 0.05. Meanwhile, endorsements also have a positive and significant impact on purchasing decisions, with a significance value of 0.000 < 0.05. Based on the results of the F-test (simultaneous) in this study, the calculated F value is 92.542 > F table of 3.06. The variables of price discounts and endorsements simultaneously and significantly affect the purchasing decision, as evidenced by the significance value of 0.000 < 0.05.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29