PENGARUH E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY
Kata Kunci:
E-CRM, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-Customer Relationship Management (E-Crm) dan E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction serta dampaknya terhadap E-Customer Loyalty. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer diperoleh melalui kuesioner dan diberikan kepada pengguna produk SOME BY MI di ecommerce SOCO by sociolla Indonesia sebanyak 100 responden dengan tehnik Non Probability Sampling. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil bahwa Relationship Management berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. Service quality berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. Customer Relationship Management berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction. Service Quality berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction. Customer Loyalty berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction.