PENGARUH INSTAGRAM ADS DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Umkm Di Pandaan)
Kata Kunci:
Instagram Adveritising, Celebrity Endorser, Minat Beli dan Brand AwarenessAbstrak
Nur Azizah, Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Yudharta Pasuruan, Juli 2024, Pengaruh Instagram Advertising Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. (Studi di UMKM Pandaan) Seiring dengan perkembangan teknologi digital, media sosial seperti Instagram telah menjadi platform penting bagi perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Penggunaan celebrity endorser dalam iklan juga semakin populer karena dipercaya dapat meningkatkan daya tarik dan kredibilitas produk di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Instagram Advertising dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi Pada UMKM Pandaan)”. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana orang yang dipilih sebagai sampel sesuai dengan tujuan dilakukannya penelitian, sampel yang digunakan sebanyak 116 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur melalui program SPSS 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Instagram Advertising dan Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli dengan Brand Awareness sebagai variabel intervening