PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI SELF-SERVICE TECHNOLOGY TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH DI YOGYAKARTA
Kata Kunci:
Kepuasan Mahasiswa, Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Internet BankingAbstrak
Industri perbankan syariah selain dituntut untuk menerapkan teknologi digital, namun juga harus mampu menangkap berbagai peluang dengan lebih memahami perilaku konsumen yang semakin mengarah ke ranah digital yang dimana hal itu dapat memudahkan serta praktis bagi konsumen untuk kebutuhan transaksinya. Mahasiswa milenial yang saat ini sudah melek teknologi menjadikannya sebagai gaya konsumsi karena layanannya lebih praktis dan juga didukung oleh fakta dimana kampus di Indonesia telah menggunakan layanan perbankan digital untuk transaksi keuangannya. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digitalisasi layanan perbankan syariah terhadap kepuasan mahasiswa di Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah para mahasiswa yang memakai layanan self service technology (ATM, m-banking, dan i-banking) dengan menyebarkan kuesioner G-doc ke 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan skala likert. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan untuk membantu penelitian adalah software IBM SPSS Ver. 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Layanan ATM berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan digital bank syariah, mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan digital bank syariah, dan internet banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan digital bank syariah. Secara simultan ATM, m-banking, dan i-banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna layanan digital bank syariah.