IMPLEMENTASI PROGRAM SERTIFIKASI HALAL DAN DESAIN KEMASAN DI DINAS KOPERASI DAN UKM JATIM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM JAWA TIMUR MENUJU PASAR GLOBAL
Kata Kunci:
Sertifikasi Halal, Desain Kemasan, UMKM, Daya Saing GlobalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program sertifikasi halal dan desain kemasan dalam rangka meningkatkan daya saing di pasar global serta mengidentifikasi tantangan atau hambatan yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari pelaku UMKM serta tim dari bidang produksi Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program sertifikasi halal dan desain kemasan berperan dalam meningkatkan daya saing di pasar global. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam program sertifikasi halal, yaitu: 1) Kurangnya pengetahuan dan informasi mengenai sertifikasi halal, serta 2) Rendahnya tingkat pemahaman dan kepatuhan konsumen dan produsen terhadap peraturan hukum terkait. Tantangan serupa juga muncul dalam program desain kemasan, di antaranya: 1) Kurangnya minat terhadap desain kemasan, dan 2) Ketidaklengkapan data peserta