ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA TIKTOK SHOP

Penulis

  • Feby Febrianti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Beryl Geovanni Xenoglosi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fajar Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang

Kata Kunci:

Sistem Informasi Manajemen, TikTok Shop, E-Commerce, Pengelolaan Data, Keamanan

Abstrak

TikTok Shop merupakan salah satu platform e-commerce yang terintegrasi dengan media sosial, memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual produk langsung melalui aplikasi TikTok. TikTok Shop telah menunjukkan pengaruh besar dalam dunia perdagangan digital. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memegang peran penting dalam mendukung operasional platform ini, memainkan peran penting dalam pengelolaan data, transaksi, dan keamanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi SIM pada TikTok Shop dengan metode kualitatif melalui pendekatan literature review. Hasil analisis menunjukkan bahwa SIM TikTok Shop mendukung pengelolaan bisnis yang efisien dan pengalaman pengguna yang optimal dan menunjukkan bahwa SIM di TikTok Shop efektif dalam mengelola data, mendukung transaksi, dan menjaga keamanan informasi.

TikTok Shop is an e-commerce platform integrated with social media, allowing users to buy and sell products directly through the TikTok app. TikTok Shop has shown great influence in the world of digital commerce. The Management Information System (MIS) plays an important role in supporting the operation of this platform, playing an important role in data management, transactions, and information security. This research aims to analyze the implementation of SIM on TikTok Shop with a qualitative method through a literature review approach. The results of the analysis show that TikTok Shop's SIM supports efficient business management and optimal user experience and shows that the SIM at TikTok Shop is effective in managing data, supporting transactions, and maintaining information security.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29