PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN (SIAM)
Kata Kunci:
Self-Esteem, Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen (SIAM), Scope, Timeliness, Aggregation, IntegrationAbstrak
Perusahaan menghadapi suatu kondisi yang tidak pasti dalam mengelola perusahaannya. Perubahan yang terus menerus akan mengakibatkan ketidakpastian yang tinggi, maka dari itu perusahaan harus memiliki sistem informasi akuntansi manajemen yang mampu memprediksi kejadian-kejadian di masa yang akan datang sekaligus mempersiapkan beberapa tindakan alternatif sedini mungkin. Sistem informasi akuntansi manajemen adalah sebuah sistem yang dirancang untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen dalam mengambil keputusan dan mengevaluasi aktivitas manajerial. Manusia merupakan unsur dominan dalam menghasilkan informasi, yang memiliki berbagai macam personalities salah satunya adalah self-esteem. Self-esteem mempengaruhi seseorang dalam membuat pilihan, yang mana pilihan tersebut merupakan bagian dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-esteem terhadap karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen yang terdiri dari dimensi scope, timeliness, aggregation dan integration. Penelitian ini dilakukan di PT. Indo-Rama Synthetics Tbk., yang berlokasi di Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden pada kuesioner yang dikirimkan pada karyawan yang memenuhi kriteria sampling. Uji analisis regresi yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Statistical Package For The Social Sciences (SPSS) versi 25 for windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa self-esteem berpengaruh terhadap karakteristik sistem informasi akuntansi manajemen, untuk mengetahui pengaruh variabel self-esteem terhadap masing-masing karakteristik SIAM, maka peneliti melakukan pengujian pada masing-masing dimensi. Hasilnya menunjukkan bahwa self-esteem berpengaruh terhadap dimensi scope, timeliness, dan integration, sedangkan pada variabel aggregation tidak dipengaruhi oleh variabel self-esteem.
The company faces uncertain conditions in managing its operations. Continuous changes lead to high levels of uncertainty; therefore, the company must have a management accounting information system that is capable of predicting future events while simultaneously preparing several alternative actions as early as possible. A management accounting information system is a system designed to provide the information needed by management to make decisions and evaluate managerial activities. Humans are the dominant element in generating information and possess various types of personalities, one of which is self-esteem. Self-esteem influences a person in making choices, which are an essential part of the decision-making process. The purpose of this study is to determine the influence of self-esteem on the characteristics of the management accounting information system, which consists of four dimensions: scope, timeliness, aggregation, and integration. This research was conducted at PT. Indo-Rama Synthetics Tbk., located in Purwakarta. The research method used is explanatory research. The sampling technique applied was purposive sampling. Primary data were obtained from the responses to questionnaires distributed to employees who met the sampling criteria. The analytical test used in this study is simple linear regression, and data processing was carried out using Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 25 for Windows. The test results show that self-esteem has an influence on the characteristics of the management accounting information system. To further examine the influence of self-esteem on each characteristic of MAIS, the researcher conducted separate tests for each dimension. The results show that self-esteem significantly influences the dimensions of scope, timeliness, and integration, while the aggregation dimension is not affected by self-esteem.