PENGARUH SOURCE CREDIBILITY, ATTRACTIVENESS DAN TRUSTWORTHINESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK EAT SAMBEL DI KOTA BENGKULU DENGAN MEDIASI CELEBRITY ENDORSER

Penulis

  • Tiara Wahyu Anggraini Universitas Prof. Dr. Hazairin. Sh
  • Arifah Hidayati Universitas Prof. Dr. Hazairin. Sh
  • Sintia Safrianti Universitas Prof. Dr. Hazairin. Sh

Kata Kunci:

Attractiveness, Celebrity Endorse, Minat Beli, Source Credibility Dan Trustworthiness

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara variabel. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu : (X1) source credibility (X2) attractiveness (X3) trustworthiness (Y) minat beli dan (Z) celebrity endorser. Metode dalam Penelitian ini adalaha asosiatif untuk mengetahui hubungan atau pengaruh sebab akibat (cause effect relationship, cause effectual relationship) antara dua variabel atau lebih. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110. populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Eat sambel yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel dalam penelitian berjumlah 110 diambil melalui SEM menurut Hair. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data mneggunakan kuisioner yang disebarkan dengan link Google Form. Teknik analisis data yang digunakan Structural Equational Modeling (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak Smart-PLS yang menggunakan analisis efek mediasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Source Credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, Attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, Trustworthiness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, Source Credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Celebrity Endorser, Attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Celebrity Endorser. Dan Trustworthiness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Celebrity Endorser.

 

This study aims to see the influence between variables. The variables in this study are: (X1) source credibility (X2) attractiveness (X3) trustworthiness (Y) purchase interest and (Z) celebrity endorser. The method in this study is associative to determine the relationship or causal influence (cause effect relationship, cause effectual relationship) between two or more variables. The sample in this study was 110. The population in this study were consumers of Eat sambel whose number was unknown. The sample in the study was 110 taken through SEM according to Hair. The sampling technique used in this study was purposive sampling to determine the sample with certain criteria. The data collection technique used a questionnaire distributed with a Google Form link. The data analysis technique used Structural Equational Modeling (SEM) using Smart-PLS software which uses mediation effect analysis. The results of this study are: Source Credibility has a positive and significant effect on purchase interest, Attractiveness has a positive and significant effect on purchase interest, Trustworthiness has a positive and significant effect on purchase interest, Source Credibility has a positive and significant effect on Celebrity Endorser, Attractiveness has a positive and significant effect on Celebrity Endorser. And Trustworthiness has a positive and significant effect on Celebrity Endorser.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28