PENGARUH TINGKAT BAGI HASIL DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH DEPOSITO BAROKAH PADA BANK JAWA TIMUR KANTOR CABANG PEMBANTU SYARIAH WIYUNG PERIODE 2018-2020
Kata Kunci:
Minat Nasabah Deposito Barokah, Promosi, Tingkat Bagi HasilAbstrak
Perbankan syariah merupakan lembaga keuangan bank syariah yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Kegiatan perbankan yang paling utama salah satunya adalah menghimpun dana dari masyarakat luas dengan menawarkan berbagai produk serta fasilitas yang akan diberikan kepada calon nasabah dan salah satu penghimpunan dana paling tinggi yaitu DPK (Dana Pihak Ketiga) sebagian besar didominasi oleh produk deposito. Dalam meningkatkan minat nasabah deposito, perbankan syariah beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip Syariah sesuai dengan UU No. 10 tahun 1998. Banyak faktor yang mempengaruhi pesatnya pertumbuhan deposito salah satunya yaitu tingkat bagi hasil dan promosi yang dilakukan oleh lembaga keuangan bank syariah untuk nasabah. Penelitian ini menguji pengaruh tingkat bagi hasil dan promosi terhadap minat nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dari tingkat bagi hasil dan promosi mempengaruhi terhadap minat nasabah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah deposito barokah pada Bank Jawa Timur KCP Syariah Wiyung Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 nasabah. Kuesioner online disebarkan kepada nasabah deposito barokah berisi mengenai faktor tingkat bagi hasil, promosi dan minat nasabah. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu statistik deskriptif dengan pengukuran skala likert. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data diolah dengan menggunakan software SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini menunjukan variabel tingkat bagi hasil dengan nilai uji t diperoleh sig 0.00<0.05 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah, variabel promosi dengan nilai uji t diperoleh sig 0.00<0.05 secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah. Hasil penelitian ini menunjukan ke dua variabel yaitu tingkat bagi hasil dan promosi dengan nilai (F-hitung) 87,208>(F-tabel) 3,12 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.