PENGARUH WORK-RELATED SOCIAL MEDIA USAGE, SOCIAL-RELATED SOCIAL MEDIA USAGE DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT KARYAWAN KONSTRUKSI DI SULAWESI TENGGARA
Kata Kunci:
Work-related Social Media Usage, Social-related Social Media Usage, Knowledge Sharing, Employee EngagementAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Work-related Social media Usage, Social-related Social Media Usage dan Knowledge Sharing terhadap Employee Engagement. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan metode survei dengan mengambil sampel dari karyawan yang bekerja di perusahaan konstruksi pada beberapa perusahaan di wilayah Sulawesi Tenggara. Dari pengambilan sampel, terkumpul sampel sebanyak 163 sampel. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada Work-related Social Media Usage, Social-related Social Media Usage dan Knowledge Sharing terhadap Employee Engagement secara signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat Work-related Social Media Usage, Social-related Social Media Usage dan Knowledge Sharing yang tinggi cenderung akan menghasilkan karyawan yang kompeten dan menjadi keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan terutama dalam penggunaan perangkat digital. Manajemen perusahaan dapat lebih memperhatikan kebijakan terhadap hal-hal yang meningkatkan kinerja karyawan dalam membangun relasi di antara karyawan yang mempengaruhi kinerja karyawan. Penelitian ini juga memberikan sumbangan teoritis bagi literatur tentang perusahaan, dengan memberikan hal-hal yang dapat meningkatkan komitmen dan kontribusi karyawan.